Kamis, 03 September 2009

Gunung aja bisa ngancurin 1/3 bumi

Mulanya sih kaget juga pas liat gunung bisa ngancurin 1/3 bumi, kirain penulisnya lagi mimpi. Merapi aja belum tentu bisa ngancurin Indonesia, eh malah ada yang lebih maknyus lagi. Sekedar bagi bagi info aja. Langsung aja dimulai berita yang baru saya baca ini.

Gunung ini terletak di wilayah taman nasional yellowstone, Amerika Serikat. Menurut badan survey AS, letusan gunung ini dapat melontarkan lebih dari 1000 kilometer kubik batu apung dan abu dari serangkaian letusan. Kira kira lebih dari 50 kali letusan gunung krakatau yang terkenal pada tahun 1883, yang menewaskan lebih dari 36.000 orang. Kalo dibandingin dengan gunung api biasa sih kira kira gini:


Gunung api : biasanya membentuk pegunungan
Gunung api super : justru menghancurkan pegunungan

Gunung api : mematikan tumbuhan dan hewan dalam radius beberapa km
Gunung api super : menyebabkan seluruh spesies terancam punah dengan mengakibatkan perubahan iklim di seantero bumi

Wew, ga kebayang. Gunung api aja udah suram, apalagi gunung api super?! Oke next.

Tiga letusan terakhir terjadi 640.000 tahun lalu, ribuan kali lebih hebat dari letusan St. Helena pada tahun 1980 yang menewaskan 57 orang. Menurut para ilmuwan, kejadian itu menyebabkan terjadinya cerobong asap yang menjulang tinggi sekitar 30.000 meter dan meninggalkan lapisan puing puing dari wilayah barat hingga teluk meksiko. Aliran kabut mematikan tersebut memanas hingga 800 derajat celsius. Namun letusan terdahsyat terjadi sekitar 2,1 juta tahun lalu yang kekuatannya 2 kali lipat dari kejadian ini, yang membuat lubang di tanah sekitar 3 kali luas danau toba.

Setelah gempa pada tahun 1985, Yellowstone turun 20cm selama kurun waktu 1 dasawarsa. Kemudian naik kembali, namun kali ini lebih cepat dengan kecepatan hampir 8cm setahun. Permukaannya terus naik meskipun telah terjadi serangkaian gempa di akhir 2008. Hal ini menimbulkan desas desus tentang kiamat yang akan terjadi di internet (smoga ga terjadi). Menurut para ahli, hasil akhir dari terjadinya beberapa siklus pada gunung ini yaitu terkumpulnya magma dalam jumlah banyak yang cukup untuk meletus.

Jadi kapankah Yellowstone akan meletus lagi? Masih belum jelas...


Sumber : http://nationalgeographic.co.id



0 komentar:

Posting Komentar